Kamis, 03 November 2011

Keselamatan kerja itu penting....


Keselamatan kerja tuh salah satu aspek yang sangat penting.. ga dipungkiri yah ,, semua orang pengen hidup normal.. ketika anda mengalami kecelakaan(dalam pekerjaan) dan keadaan fisik anda tidak mendukung lagi untuk bekerja.. mau hidup dari apa ? ngegantung sama orang ? kan g mungkin juga.. Maka perlu banget seseorang tuh paham akan konsep tentang keselalmatan kerja itu sendiri..
Banyak banget yak orang” yang mengabaikan aspek keselamatan kerja..(di bilang’a alay atau apalahh..) banyak yang mikir’a “klo celaka ya celaka aja toh takdir tuhan”.. tapi kan bukan berarti kita tidak peduli akan keselamatan diri sendiri(ga ada usaha).. yang pasti’a kita harus berusaha untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan terjadi..

Faktor kecelakaan :
    1.    Tidak memahami & mengikuti instruksi dengan baik.
    2.    Lalai.
    3.    Terlalu berorientasi agar pekerjaan selesai tanpa memikirkan aspek keselamatan.
    4.    Mengikuti emosi.. tanpa perhitungan yang rasional.


Kecelakaan kerja merupakan hal negatif yang dialami saat bekerja.. yang pastinya tiap orang g mau lah ngalamin hal” yang negatif kaya gini.. maka’a itu selalu berusaha menjaga keselamatan.. jangan dianggep sepele laahh n juga kita perlu mengetahui tiga subyek utama yang mengalami kecelakaan kerja :
    1.    Pekerja atau orang
Pekerja -> orang yang melakukan pekerjaan secara langsung, sedangkan orang -> yang kebetulan pada saat itu berada di sekitar lingkungan kerja.

    2.    Peralatan
Semua alat yang dipergunakan untuk melakukan pekerjaan.. alat ini dapat menggalami kecelakaan kerja ketika terjadi kerusakan pada alat tersebut.

    3.    Benda pekerjaan
pada saat kita bekerja tidak memperhatikan aspek keselamatan kerja, akibat’a terjadi kesalahan pada saat bekerja dan benda kerja jadi rusak.Kerusakan inilah yang dikatakan sebagai kecelakaan kerja.

Hal yang perlu di perhatikan agar selamat saat bekerja :
1.  Jangan sembrono
Sembrono itu membawa petaka..
2.  Konsentrasi
3.  Lengkapi diri dengan alat-alatkeselamatan kerja
Dengan memakai alat keselamatan kerja sesuai dengan kondisi yang sedang dialami.. se-engga’a kan kita sudah berusaha melindungi diri dari kemungkinan kecelakaan.
4.  Selalu tanggap terhadap kondisi
Dimaksudkan agar jangan terlalu fokus saat bekerja sehingga tidak memperhatikan kondisi di lingkungan kerja.. klo tiba-tiba ada perubahan di lingkungan kerja, maka kita segera menanggapinya.
5.  Selalu memeriksa alat kerja
Jangan sampai kita tidak mengetahui bahwa alat keselamatan kerja yang digunakan sudah tidak layak istilah’a rusak gitu yah..atuh sama aja bo’ong .. keselamatan terancam






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar