Kamis, 27 Oktober 2011

Safety helm..

  
Safety Helm sangat penting digunakan sebagai pelindung dari benda-benda yang kemungkinan dapat melukai kepala, sudah merupakan keharusan bagi setiap pekerja konstruksi untuk mengunakannya dengar benar sesuai peraturan.
Tidak hanya sekedar memakainya saja pastinya safety helm juga perlu pemeliharaan agar tetap layak untuk digunakan.. kalau pakai yang abal kan sama aja bo’ong.. Cara pemeliharaan topi keselamatan ini sangat mudaah,..

1.        yang pasti Jaga agar tetap bersih. Selalu inspeksi.....
Basuh aja dengan air yang bersih setiap selesai menggunakannya. Jika lingkungan kerja kita terdapat pengotor yang tidak larut dalam air, mungkin kita harus menggunakan solvent tertentu untuk pembersihannya. Penggunaan solvent tidak boleh sembarangan, solvent yang digunakan harus sesuai dengan anjuran fabrikan. Karena penggunaan solvet yang tidak tepat, akan merusak helmet itu sendiri.

Ga hanya pemeliharaan saja ada hal” yang perlu dihindari dari beberapa hal, untuk menjaganya menjadi tetap berfungsi dengan baik dan tidak cepat rusak. Hal-hal yang perlu dihindari antara lain:
1.         Jangan berkreasi dengan helm anda.
tidak boleh yah nulis-nulis atau ngegambar di helmet menggunakan spidol, tip ex, atau cat, menempel seal tape juga ga boleh, karena kebersihan helmet itu sangat dibutuhkan, tapi jangan lebay juga ngebersih'in helmetnya pake detergen atau bahkan pake bahan kimia yang bersifat abrasive, korosif, termasuk mengunakan minyak seperti premium, kerosene, naphtha. Semua bahan-bahan itu emang bisa berfungsi sebagai solvent, tapi bisa juga merusak material helmet. Jangan juga nempelin stiker-stiker dari bahan self adhesive karena tidak sesuai dengan anjuran manufacture-nya.

Semua itu bisa membuat komposisi material helmet berubah yang pada akhirnya kekuatannya berkurang dan fungsi sebagai alat pelindung diripun menjadi hilang.
oiaa.. jangan juga membuat lobang pada helm yah, kecuali telah disetujui oleh manufaktur yang membuatnya.

2.     Hindarkan pula safety helmet dari terkena sinar matahari langsung pada saat penyimpanannya yak..
3.         Jangan melemparnya atau menggunakannya sebagai alat pemukul.mau tanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan rekan Anda ??

Oleh karena itu rawat selalu Alat Pelindung Diri yang telah diberikan oleh perusahaan.. kalau misalnya pemilihara’annya baik dan benar, otomatis safety helmet akan berfungsi dengan baik dalam melindungi kepala jika terjadi benturan.
Oh ya.. Gunakan pengait helm jika pekerjaan anda melibatkan pekerjaan yang sering merunduk dan diganti yak suspensi yang ada di dalam helm setiap 5 tahun sekali.
Jika terjadi kerusakan sekecil apapun pada safety helmet segera lakukan penggantian dengan safety helmet yang baru:)..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar